Sabtu, 31 Desember 2016

Tugas Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD Modul 10-12

Tags



Modul 10
KB 1 TES FORMATIF 1
1.    Dengan menguasai indikator yang dirumuskan, siswa dapat menguasai kompetensi dasar yang ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karena itu, salah ssatu prinsip  yang perlu diperhatikan guru dalam merumuskan indikator adalah rumusan indikator harus ... .
Jawaban : B(dijabarkan dari rumusan kompetensi dasar)
2.    Rumusan indikator dengan mennggunakan kata kerja operasional dapat membantu guru dalam menetapkan ... .
Jawaban : A (kegiatan pembelajaran dan alat evaluasi)
3.    Dalam rumusan indikator, tingkat keberhasilan yang diharapkan dikuasai siswa merupakan komponen ... .
Jawaban: D (degree)
4.    Perhatikan rumusan indikator berikut!
Siswa dapat memberikan tiga contoh kalimat tunggal dari wacana yang disediakan.
Dari rumusan indikator tersebut, manakah yang komponen behaviour?
Jawaban :  B (memberikan contoh kalimat tungal)
5.    Manakah dari rumusan indikator berikut yang merupakan rumusan indikator yang lengkap?
Jawaban :  A (siswa kelas V mampu menunjukkan 3 pusat industri pengolahan sumber daya alam pada peta)
6.    Manakah dari rumusan kemampuan berikut ini yang merupakan kemampuan pada tingkatan penerapan dalam domain kognitif?
Jawaban : D (menghitung volume kubus)
7.    Manakah dari rumusan kemampuan berikut ini yang merupakan contoh hasil belajar dari ranah sikap?
Jawaban : C (mengahrgai temannya yang berbeda pendapat)
8.    Kemampuan melakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang ada merupakan kemampuan dalam domain psikomotorik pada tingkatan ... .
Jawaban :  B (gerakan terbimbing)
9.    Kemampuan membedakan, mengelompokkan serta menerapkan konsep dan aturan dalam memecahkan suatu masalah adalah kemampuan ... .
Jawaban :  B (ketrampilan intelektual)
10.  Kemampuan siswa memisahkan kuning telur dari putih telur dengan menggunakan kulit telur sebagai alatnya merupakan ssalah satu contoh kemampuan ... .
Jawaban :  D (ketrampilan motorik)

KB 2 TES FORMATIF 2
1.    Untuk mengetahui kemampuan prasyarat yang harus dikuasai siswa dalam  mengikuti suata program kegiatan tertentu, guru melakukan evaluasi... (C. Penempatan)
2.    Keputusan tentang layak tidaknya siswa naik kelas diperoleh dari hasil evaluasi...(B. Sumatif)
3.    Evaluasi formatif dilaksanakan pada setiap...(A. Akhir pertemuan pembelajaran)
4.    Dari hasil evaluasi formatif guru dapat...(C. Memperbaiki proses pembelajaran)
5.    Validitasi tes mengacu pada...(A.Ketepatan alat ukur)
6.    Suatu perangkat tes yang memberikan hasil yang relatif sama ketika dilaksanakan pada waktu yang berbeda untuk siswa yang sama mununjukan bahwa tes memenuhi kriteria...(A.Reliabilitas)
7.    Suatu perangkat tes dianggap memenuhi nilai kepraktisan apabila perangkat tes tersebut memenuhi kriteria,kecuali...(C. Berisi soal-soal yang mudah)
8.    Bentuk tes objektif yang tepat untuk mengukur kemampuan kognitif tingkat tingkat adalah...(D. Pilihan ganda)
9.    Apabila kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa adalah”mampu memberikan pendapat tentang akibat ketidakpatuhan pada aturan” maka jenis tes yang sebaiknya digunakan adalah tes...(B. Objektif bentuk isian singkat)
10. Manakah dari rumusan indikator berikut yang tepat diungkap melalui tes kinerja...(D. Menunjukan cara mencangkok dengan tepat)
MODUL 11
KB 1 TES FORMATIF 1
1.    Rumus luas segitiga, merupakan contoh materi pelajaran jenis....(A. Pengetahuan)
2.    Materi pelajaran yang mengembangkan kemampuan siswa untuk melakukan suatu kegiatan adalah materi pelajaran jenis....(C. Ketrampilan)
3.    Manakh dari materi pelajaran berikut yang merupakan materi pelajaran jenis nilai...(C. Menghargai Pendapat)
4.    Prinsip relevansi dalam pemilihan materi pelajaran menuntut guru untuk       menyediakan materi pelajaran yang...(B. Sesuai dengan kompetensi yang di tetapkan)
5.    Agar siswa menguasai kemampuan “menjelaskan sifat-sifat benda” materi pelajaran yang harus disediakan guru adalah sifat-sifat benda padat,cair,dan gas. Hal ini menunjukan bahwa dalam pemilihan materi pelajaran,guru perlu memperhatikan kriteria...(D. Mendukung ketercapaian kompetensi)
6.    Pengorganisasian secara psikologis menuntut guru untuk menyesuaiakan materi pelajaran dengan...(B. Tingkat prkembangan siswa)
7.    Pengorganisasian materi pelajaran secara logis didasarkan pada...(C. Pendapat ahli)
8.    Materi pelajaran tentang Hak dan Kewajiban disajikan mulai dari hak dan kewajiban anak dirumah,kemudian hak dan kewajiban siswa disekolah, dan terakhir hak dan kewajiban anak dari anggota masyarakat. Penyajian seperti ini merupakan pengorganisasian materi pelajaran...(A. Dari sederhana menuju ke yang kompleks)
9.    Apapun cara pengorganisasian yang dipilih guru,materi pelajaran harus ditata secara sistematis sehingga lebih mudah dipahami siswa. Hal ini berkaitan dengan salah satu prinsip pengorganisasian materi pelajaran,yaitu prinsip...(A. Kesinambungan)
10. Penerapan prinsip terpadu dalam pengorganisasian materi pelajaran diarahkan agar materi pelajaran diarahkan agar materi pelajaran lebih...(B. Bermakna bagi siswa)

KB 2 TES FORMATIF 2
1.    Untuk membahas materi tentang Bencana Alam, Bu Dewi akan menggunakan media gambar yang menunjukan berbagai dampak bencana alam terhadap kehidupan masyarakat seperti kemiskinan,penyebaran penyakit, dan kelaparan. Melalui penggunanaan media pembelajaran tersebut Bu Dewi mengharapkan siswa tergerak memberikan sumbangan membantu korban bencana alam serta selalu memelihara dan melestarikan lingkungan.
Dengan memperhatikan ilustrasi tersebut,Bu Dewi memilih media gambar dengan tujuan...(C. Mengubah dan membentuk sikap)
2.    Ketika membahas topik Bangun Datar dalam mata pelajaran Matematika, Pak Tino menggunakan mobil-mobilan dan miniatur rumah untuk menunjukan contoh bentuk-bentuk bangun datar. Para siswa berebut kedepan kelas sewaktu Pak Tino meminta siswa untuk menunjukan contoh lingkaran,segitiga,persegi,dan persegi panjang pada mobil-mobiln dan miniatur rumah.
Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat...(B. Menarik perhatian siswa)
3.    Salah satu kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa adalah mampu menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan. Untuk membantu siswa lebih mudah menguasai kemampuan tersebut,media yang tepat di gunakan adalah...(D. Model)
4.    Bu Dewi merancang akan menggunakan uang kertas mainan untuk membahas materi tentang penghitungan nilai sekelompok mata uang pada mata pelajaran Matematika. Media yang dipilih Bu Dewi tersebut merupakan contoh media pembelajaran jenis...(C. Model)
5.    Untuk membahas materi pelajaran tentang Penggolongan Tumbuhan, Pak Tino akan menggunakan media dari kertas karton yang ditulisi jenis-jenis tumbuhan dalam bentuk seperti berikut.

 









Media yang dipilih Pak Tino tersebut merupakan contoh meida jenis...(B. Bagan)
6.    Media yang digunakan untuk mengubah dan/atau membentuk sikap siswa berbeda dengan media untuk membantu siswa menguasai suatu keterampilan. Pernyataan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran bahwa media pembelajaran yang dipilih harus sesuai dengan...(A. Kompetensi dan materi pelajaran)
7.    Dalam pembelajaran IPS, pak Rudi meminta siswa untuk mengunjungi koperasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Siswa ditugaskan untuk mempelajari struktur organisasi koperasi tersebit dan melakukan wawancara dengan pengurus koperasi untuk mengetahui jenis usaha yang dilakukan koperasi. Selain itu, siswa diminta untuk membuat laporan tertulis hasil kunjungan tersebut.
Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dapat...(D. Menyediakan berbagai pengalaman belajar)
8.    Dalam membahas materi pelajaran tentang Bencana Alam, Bu Rita akan meminta para siswa untuk membawa guntingan koran atau majalah yang berisi tentang bencana alam. Sumber belajar yang dipilih Bu Rita merupakan contoh sumber belajar jenis... (A. Bahan)
9.    Kegiatan demonstrasi yang menunjukan sifat-sifat benda padat,cair,dan gas merupakan sumber belajar jenis...(B. Teknik)
10. Sumber belajar yang dipilih hendaknya bersifat fleksibel atau luwes. Artinya, sumber belajar tersebut dapat digunakan sesuai dengan... (B. Waktu dan kegiatan pembelajaran)

MODUL 12
KB 1 TES FORMATIF 1
A.  Tes Formatif
1.  Pengalaman belajar adalah ... . (C. aktivitas pembelajaran)
2.  Pengalaman dapat dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu pengalaman belajar untukmengembangkan ... . (D. keterampilan berpikir, perolehan informasi, sikap sosial, dan minat)
3.  Kegiatan yang memberikan kepuasan terkait dengan pengalaman lain yang juga memberikan kepuasan merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan jenis pengalaman yang terkait dengan ... . (B. minat)
4.  Proses intelektual langsung adalah cara yang dikembangkan oleh guru untuk menciptakan kondisi dalam mengembangkan ... . (D. sikap sosial)
5.  Mengarahkan situasi agar intensitas dan ragam kesan terhadap sesuatu dapat meningkat merupakan cara yang dikembangkan oleh guru untuk menciptakan kondisi dalam mengembangkan ... . (B. perolehan informasi)
6.  Membuat kesimpulan berdasarkan hasil pemecahan masalah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan pengalaman belajar tentang ... . (A. keterampilan berpikir)
7.  Kegiatan pembelajaran harus dirancang untuk mengaktifkan unsur-unsur yang bersifat fisik dan psikis yang meliputi mata, telinga, hidung, alat peraba, kaki, pikiran, mental, dan emosional. Ini termasuk prinsip ... . (D. variasi pengalaman belajar)
8.  Kegiatan guru yang selalu berusaha menerapkan metode pembelajaran yang benar dan tepat selaras dengan kemampuan siswa termasuk pada prinsip ... . (A. kesesuaian)
9.  Seorang guru menerapkan law of effect dalam setiap kegiatan pembelajarannya. Guru tersebut dapat dikatakan telah menggunakan prinsip ... . (B. memberikan kepuasan)
10.  Seorang guru Matematika menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang beragam. Guru tersebut telah mencoba mengaplikasikan prinsip ... . (D. variasi pengalaman belajar)
KB 2 : Proses Pengembangan KTSP
A.  Latihan

KB 2 TES FORMATIF 2
1.  Jika seorang guru akan mengajarkan materi yang sifatnya pengetahuan, waktu yang tersedia relatif terbatas, dan jumlah siswa relatif banyak maka metode mengajar yang tepat dipilih adalah ... . (A. ceramah)
2.  Faktor utama yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah komponen ... . (A. tujuan)
3.  Kegiatan awal (pendahuluan) dalam prosedur kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan melakukan ... . (B. apersepsi)
4.  Bu Susi adalah guru mata pelajaran IPA. Beliau akan mengajarkan tentang proses terjadinya hujan. Dari pembelajaran tersebut, Bu Susi mengharapkan ‘siswa dapat menjelaskan terjadinya hujan melalui tukar pengalaman di antara siswa’. Metode mengajar yang seharusnya Bu Susi pilih adalah ... . (C. diskusi)
5.  Kegiatan generalisasi merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan pada tahap ... . (D. kegiatan penutup)
6.  Tidak ada metode yang baik, yang ada adalah metode yang tepat, artinya ... . (B. suatu metode akan efektif untuk kegiatan pembelajaran tertentu)
7.  Selain kemampuan guru dan karakteristik materi pelajaran, pemilihan metode mengajar dipengaruhi pula oleh faktor ... . (A. jumlah siswa)
8.  Kemampuan menguasai berbagai metode mengajar merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap guru. Berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, kemampuan tersebut termasuk pada kelompok kompetensi ... . (C. pedagogik)


1 komentar so far

Vampires in the Enchanted Castle casino - FilmFileEurope
Vampires in how can i get air jordan 18 retro men the Enchanted Castle Casino. Vampires in the show to buy air jordan 18 retro yellow suede Enchanted Castle where to find air jordan 18 retro varsity red Casino. Vampires in the Enchanted Castle Casino. Vampires 스포츠라이브스코어 in the Enchanted Castle buy air jordan 18 retro racer blue Casino. Vampires in the Enchanted


EmoticonEmoticon