Modul 10
KB 1 TES FORMATIF 1
1.
Dengan
menguasai indikator yang dirumuskan, siswa dapat menguasai kompetensi dasar
yang ditetapkan dalam kurikulum. Oleh karena itu, salah ssatu prinsip yang perlu diperhatikan guru dalam merumuskan
indikator adalah rumusan indikator harus ... .
Jawaban
: B(dijabarkan dari rumusan
kompetensi dasar)
2.
Rumusan
indikator dengan mennggunakan kata kerja operasional dapat membantu guru dalam
menetapkan ... .
Jawaban
: A (kegiatan pembelajaran
dan alat evaluasi)
3.
Dalam
rumusan indikator, tingkat keberhasilan yang diharapkan dikuasai siswa
merupakan komponen ... .
Jawaban:
D (degree)
4.
Perhatikan
rumusan indikator berikut!
Siswa dapat memberikan tiga
contoh kalimat tunggal dari wacana yang disediakan.
Dari rumusan indikator
tersebut, manakah yang komponen behaviour?
Jawaban
: B (memberikan contoh kalimat tungal)
5.
Manakah
dari rumusan indikator berikut yang merupakan rumusan indikator yang lengkap?
Jawaban
: A (siswa kelas V mampu menunjukkan 3 pusat industri
pengolahan sumber daya alam pada peta)
6.
Manakah
dari rumusan kemampuan berikut ini yang merupakan kemampuan pada tingkatan
penerapan dalam domain kognitif?
Jawaban
: D (menghitung volume kubus)
7.
Manakah
dari rumusan kemampuan berikut ini yang merupakan contoh hasil belajar dari
ranah sikap?
Jawaban
: C (mengahrgai temannya yang
berbeda pendapat)
8.
Kemampuan
melakukan tindakan sesuai dengan prosedur yang ada merupakan kemampuan dalam
domain psikomotorik pada tingkatan ... .
Jawaban
: B (gerakan terbimbing)
9.
Kemampuan
membedakan, mengelompokkan serta menerapkan konsep dan aturan dalam memecahkan
suatu masalah adalah kemampuan ... .
Jawaban
: B (ketrampilan intelektual)
10. Kemampuan siswa memisahkan kuning telur dari
putih telur dengan menggunakan kulit telur sebagai alatnya merupakan ssalah
satu contoh kemampuan ... .
Jawaban
: D (ketrampilan motorik)
KB
2 TES FORMATIF 2
1. Untuk
mengetahui kemampuan prasyarat yang harus dikuasai siswa dalam mengikuti suata program kegiatan tertentu,
guru melakukan evaluasi... (C. Penempatan)
2. Keputusan
tentang layak tidaknya siswa naik kelas diperoleh dari hasil evaluasi...(B.
Sumatif)
3. Evaluasi
formatif dilaksanakan pada setiap...(A. Akhir pertemuan pembelajaran)
4. Dari
hasil evaluasi formatif guru dapat...(C. Memperbaiki proses pembelajaran)
5. Validitasi
tes mengacu pada...(A.Ketepatan alat ukur)
6. Suatu
perangkat tes yang memberikan hasil yang relatif sama ketika dilaksanakan pada
waktu yang berbeda untuk siswa yang sama mununjukan bahwa tes memenuhi
kriteria...(A.Reliabilitas)
7. Suatu
perangkat tes dianggap memenuhi nilai kepraktisan apabila perangkat tes
tersebut memenuhi kriteria,kecuali...(C. Berisi soal-soal yang mudah)
8. Bentuk
tes objektif yang tepat untuk mengukur kemampuan kognitif tingkat tingkat
adalah...(D. Pilihan ganda)
9. Apabila
kemampuan yang diharapkan dikuasai siswa adalah”mampu memberikan pendapat
tentang akibat ketidakpatuhan pada aturan” maka jenis tes yang sebaiknya
digunakan adalah tes...(B. Objektif bentuk isian singkat)
10. Manakah
dari rumusan indikator berikut yang tepat diungkap melalui tes kinerja...(D.
Menunjukan cara mencangkok dengan tepat)
MODUL 11
KB 1 TES FORMATIF 1
1. Rumus
luas segitiga, merupakan contoh materi pelajaran jenis....(A. Pengetahuan)
2. Materi
pelajaran yang mengembangkan kemampuan siswa untuk melakukan suatu kegiatan
adalah materi pelajaran jenis....(C. Ketrampilan)
3. Manakh
dari materi pelajaran berikut yang merupakan materi pelajaran jenis nilai...(C.
Menghargai Pendapat)
4. Prinsip
relevansi dalam pemilihan materi pelajaran menuntut guru untuk menyediakan materi
pelajaran yang...(B. Sesuai dengan kompetensi yang di tetapkan)
5. Agar
siswa menguasai kemampuan “menjelaskan sifat-sifat benda” materi pelajaran yang
harus disediakan guru adalah sifat-sifat benda padat,cair,dan gas. Hal ini
menunjukan bahwa dalam pemilihan materi pelajaran,guru perlu memperhatikan
kriteria...(D. Mendukung ketercapaian kompetensi)
6. Pengorganisasian
secara psikologis menuntut guru untuk menyesuaiakan materi pelajaran dengan...(B.
Tingkat prkembangan siswa)
7. Pengorganisasian
materi pelajaran secara logis didasarkan pada...(C. Pendapat ahli)
8. Materi
pelajaran tentang Hak dan Kewajiban disajikan mulai dari hak dan kewajiban anak
dirumah,kemudian hak dan kewajiban siswa disekolah, dan terakhir hak dan
kewajiban anak dari anggota masyarakat. Penyajian seperti ini merupakan
pengorganisasian materi pelajaran...(A. Dari sederhana menuju ke yang kompleks)
9. Apapun
cara pengorganisasian yang dipilih guru,materi pelajaran harus ditata secara
sistematis sehingga lebih mudah dipahami siswa. Hal ini berkaitan dengan salah
satu prinsip pengorganisasian materi pelajaran,yaitu prinsip...(A.
Kesinambungan)
10. Penerapan
prinsip terpadu dalam pengorganisasian materi pelajaran diarahkan agar materi
pelajaran diarahkan agar materi pelajaran lebih...(B. Bermakna bagi siswa)
KB 2 TES FORMATIF 2
1. Untuk
membahas materi tentang Bencana Alam, Bu Dewi akan menggunakan media gambar
yang menunjukan berbagai dampak bencana alam terhadap kehidupan masyarakat
seperti kemiskinan,penyebaran penyakit, dan kelaparan. Melalui penggunanaan
media pembelajaran tersebut Bu Dewi mengharapkan siswa tergerak memberikan
sumbangan membantu korban bencana alam serta selalu memelihara dan melestarikan
lingkungan.
Dengan memperhatikan
ilustrasi tersebut,Bu Dewi memilih media gambar dengan tujuan...(C. Mengubah
dan membentuk sikap)
2. Ketika
membahas topik Bangun Datar dalam mata pelajaran Matematika, Pak Tino
menggunakan mobil-mobilan dan miniatur rumah untuk menunjukan contoh
bentuk-bentuk bangun datar. Para siswa berebut kedepan kelas sewaktu Pak Tino
meminta siswa untuk menunjukan contoh lingkaran,segitiga,persegi,dan persegi
panjang pada mobil-mobiln dan miniatur rumah.
Ilustrasi tersebut
menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat...(B. Menarik perhatian
siswa)
3. Salah
satu kompetensi yang diharapkan dikuasai siswa adalah mampu menjelaskan proses
terjadinya gerhana bulan. Untuk membantu siswa lebih mudah menguasai kemampuan
tersebut,media yang tepat di gunakan adalah...(D. Model)
4. Bu
Dewi merancang akan menggunakan uang kertas mainan untuk membahas materi
tentang penghitungan nilai sekelompok mata uang pada mata pelajaran Matematika.
Media yang dipilih Bu Dewi tersebut merupakan contoh media pembelajaran
jenis...(C. Model)
5. Untuk
membahas materi pelajaran tentang Penggolongan Tumbuhan, Pak Tino akan
menggunakan media dari kertas karton yang ditulisi jenis-jenis tumbuhan dalam
bentuk seperti berikut.
|
Media yang dipilih Pak Tino
tersebut merupakan contoh meida jenis...(B. Bagan)
6. Media
yang digunakan untuk mengubah dan/atau membentuk sikap siswa berbeda dengan
media untuk membantu siswa menguasai suatu keterampilan. Pernyataan ini
menunjukkan bahwa media pembelajaran bahwa media pembelajaran yang dipilih
harus sesuai dengan...(A. Kompetensi dan materi pelajaran)
7. Dalam
pembelajaran IPS, pak Rudi meminta siswa untuk mengunjungi koperasi yang dekat
dengan tempat tinggal mereka. Siswa ditugaskan untuk mempelajari struktur
organisasi koperasi tersebit dan melakukan wawancara dengan pengurus koperasi
untuk mengetahui jenis usaha yang dilakukan koperasi. Selain itu, siswa diminta
untuk membuat laporan tertulis hasil kunjungan tersebut.
Ilustrasi tersebut menunjukan
bahwa pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar dapat...(D.
Menyediakan berbagai pengalaman belajar)
8. Dalam
membahas materi pelajaran tentang Bencana Alam, Bu Rita akan meminta para siswa
untuk membawa guntingan koran atau majalah yang berisi tentang bencana alam.
Sumber belajar yang dipilih Bu Rita merupakan contoh sumber belajar jenis...
(A. Bahan)
9. Kegiatan
demonstrasi yang menunjukan sifat-sifat benda padat,cair,dan gas merupakan
sumber belajar jenis...(B. Teknik)
10. Sumber
belajar yang dipilih hendaknya bersifat fleksibel atau luwes. Artinya, sumber
belajar tersebut dapat digunakan sesuai dengan... (B. Waktu dan kegiatan
pembelajaran)
MODUL 12
KB
1 TES FORMATIF 1
A. Tes Formatif
1.
Pengalaman belajar adalah
... . (C. aktivitas pembelajaran)
2.
Pengalaman dapat dibagi
menjadi 4 (empat) jenis, yaitu pengalaman belajar untukmengembangkan ... . (D.
keterampilan berpikir, perolehan informasi, sikap sosial, dan minat)
3.
Kegiatan yang memberikan
kepuasan terkait dengan pengalaman lain yang juga memberikan kepuasan merupakan
kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan jenis pengalaman yang terkait
dengan ... . (B. minat)
4.
Proses intelektual langsung
adalah cara yang dikembangkan oleh guru untuk menciptakan kondisi dalam
mengembangkan ... . (D. sikap sosial)
5.
Mengarahkan situasi agar
intensitas dan ragam kesan terhadap sesuatu dapat meningkat merupakan cara yang
dikembangkan oleh guru untuk menciptakan kondisi dalam mengembangkan ... . (B.
perolehan informasi)
6.
Membuat kesimpulan
berdasarkan hasil pemecahan masalah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh
guru untuk mengembangkan pengalaman belajar tentang ... . (A. keterampilan
berpikir)
7.
Kegiatan pembelajaran harus
dirancang untuk mengaktifkan unsur-unsur yang bersifat fisik dan psikis yang
meliputi mata, telinga, hidung, alat peraba, kaki, pikiran, mental, dan
emosional. Ini termasuk prinsip ... . (D. variasi pengalaman belajar)
8.
Kegiatan guru yang selalu
berusaha menerapkan metode pembelajaran yang benar dan tepat selaras dengan
kemampuan siswa termasuk pada prinsip ... . (A. kesesuaian)
9.
Seorang guru menerapkan law of effect dalam setiap kegiatan
pembelajarannya. Guru tersebut dapat dikatakan telah menggunakan prinsip ... .
(B. memberikan kepuasan)
10.
Seorang guru Matematika
menyajikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang beragam. Guru
tersebut telah mencoba mengaplikasikan prinsip ... . (D. variasi pengalaman
belajar)
KB 2 : Proses Pengembangan KTSP
A. Latihan
1.
Jika seorang guru akan
mengajarkan materi yang sifatnya pengetahuan, waktu yang tersedia relatif
terbatas, dan jumlah siswa relatif banyak maka metode mengajar yang tepat
dipilih adalah ... . (A. ceramah)
2.
Faktor utama yang perlu
dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah komponen ... . (A.
tujuan)
3.
Kegiatan awal (pendahuluan)
dalam prosedur kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan melakukan ... . (B.
apersepsi)
4.
Bu Susi adalah guru mata
pelajaran IPA. Beliau akan mengajarkan tentang proses terjadinya hujan. Dari
pembelajaran tersebut, Bu Susi mengharapkan ‘siswa dapat menjelaskan terjadinya
hujan melalui tukar pengalaman di antara siswa’. Metode mengajar yang
seharusnya Bu Susi pilih adalah ... . (C. diskusi)
5.
Kegiatan generalisasi
merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan pada tahap ... . (D. kegiatan penutup)
6.
Tidak ada metode yang baik,
yang ada adalah metode yang tepat, artinya ... . (B. suatu metode akan efektif
untuk kegiatan pembelajaran tertentu)
7.
Selain kemampuan guru dan
karakteristik materi pelajaran, pemilihan metode mengajar dipengaruhi pula oleh
faktor ... . (A. jumlah siswa)
8.
Kemampuan menguasai berbagai
metode mengajar merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap guru.
Berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, kemampuan tersebut termasuk pada
kelompok kompetensi ... . (C. pedagogik)
1 komentar so far
Warning!! SPAM has been detected!
EmoticonEmoticon