Tujuan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
adalah agar siswa menguasai pengetahuan, fakta, konsep, prinsip, proses
penemuan, serta memiliki sikap ilmiah yang akan bermanfaat bagi siswa dalam
mempelajari diri dan alam sekitarnya.
A.
Pengertian dan Prinsip Pemilihan
Pendekatan
·
Raka
Joni
-
Pendekatan adalah cara umum dalam memandang
permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak ibarat seseorang memakai
kacamata dengan warna tertentu pada saat memandang alam sekitarnya.
·
Herawati Susilo
-
Pendekatan bersifat aksiomatis yang menyatakan
pendirian, filosofis, dan keyakinan yang berkaitan dengan serangkaian asumsi.
·
Pendekatan merupakan garis besar dari rencana
pembelajaran yang berupa yang metode yang bersifat lebih procedural daripada
pendekatan yang merupakan rencana menyeluruh secara teratur, tidak saling
bertentangan, dan mengacu pada pendekatan dari suatu pembelajaran.
·
Peranan pendekatan pembelajaran adalah
menyesuaikan antara tujuan pembelajaran, siswa, latar belakang sosial dan
budaya, sumber dan daya dukung, dan lain – lain yang tercakup dalam unsur input, output, produk, dan outcomes
pendidikan dengan bahan kajian yang akan disajikan sehingga pembelajaran
menjadi menarik, menyenangkan, menumbuhkan rasa ingin tahu, memberikan
penghargaan, serta bermakna bagi hidup dan kehidupan sekarang dan yang akan
datang.
·
Tujuan menggunakan pendekatan adalah untuk
menggiring cara pandang / persepsi dan atau proses pengkajian terhadap materi
pembelajaran dengan suatu terminology sehingga akan diperoleh suatu pemahaman
dan pembentukan perilaku siswa yang diharapkan.
·
Prinsip pemilihan pendekatan adalah pendekatan
dipilih dengan pertimbangan terhadap faktor – faktor yang terkait seperti tujuan pendidikan dan
pembelajaran, kurikulum, kemampuan siswa, psikologi belajar, dan sumber daya.
·
Ruang lingkup kurikulum IPA SD mencakup :
-
Kerja ilmiah
-
Pemahaman konsep IPA dan penerapannya
-
Materi nya terdiri atas makhluk hidup dan
proses kehidupan, benda/materi, sifat – sifat dan kegunaannya, bumi dan alam
semesta, serta sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
B.
Jenis Pendekatan
·
Pendekatan Lingkungan
Adalah mengajarkan IPA dengan cara pandang
bahwa mengembangkan kebiasaan siswa menggunakan dan memperlakukan lingkungan
secara bijaksana dengan memahami fakor politis,ekonomi, sosial – budaya, ekologis
yang mempengaruhi manusia dalam dan memperlakukan lingkungan tersebut.
·
Pendekatan Sain – Lingkungan –
Teknologi – Masyarakat
Adalah cara pandang bahwa siswa belajar,
menyusun pengetahuan, melalui interaksi pribadi antara pengalaman dengan
schemata pengetahuanya.
·
Pendekatan Faktual
Adalah merupakan suatu cara mengajarkan IPA
dengan menyampaikan hasil – hasil penemuan IPA kepada siswa di mana pada akhir
suatu instruksional siswa akan memperoleh informasi tentang hal – hal penting
tentang IPA.
·
Pendekatan Pemecahan Masalah
Adalah suatu pendekatan untuk memecahkan suatu
masalah yang memiliki suatu daya positif atau pendorong yang cenderung menuju
kea rah perubahan yang positif untuk memperbaiki suatu kondisi atau keadaan.
·
Pendekatan Nilai
Adalah cara mengerjakan IPA dengan menggunakan
pandangan suatu nilai, misalkan terkait moral/etika, yang bersifat universal,
nilai yang terkait dengan kepercayaan/agama, atau nilai yang terkait dengan
politik, sosial, budaya suatu Negara atau daerah.
·
Pendekatan Inkuiri
Adalah dengan ditandai dengan adanya pencarian
jawaban melalui serangkaian kegiatan intelektual yang urutannya secara umum
adalah merencanakan, mendiskusikan, membuat hipotesis, menganalisis,
menafsirkan hasil untuk mendapatkan konsep umum yang dipelajari.
·
Pendekatan Keterampilan Proses
Adalah cara mengajarkan IPA dengan mengajarkan
berbagai keterampilan proses yang biasa digunakan para ilmuwan dalam
mendapatkan atau memformulasikan hasi IPA.
·
Pendekatan Sejarah
Adalah cara mengajarkan IPA dengan menyajikan berbagai
penemuan yang dihasilkan oleh para ilmuwan/ahli IPA dan tentang perkembangan
temuan – temuan tersebut dikaitkan dengan ilmu IPA sendiri.
C.
Penerapan Pendekatan dalam
Pembelajaran IPA
·
Penerapan pendekatan pada umunya diharapkan
dapat memberikan pengalaman belajar langsung melalui penggunaan dan
pengembangan keterampilan proses dan sifat ilmiah. Secara eksplisit disebutkan
IPA seharusnya dipelajari secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan
berpikir ( aspek kognitif ), bekerja dan bersikap ilmiah (aspek psimotor dan
sikap ) serta keterampilan berkomunikasi.
·
Penerapan Pendekatan Lingkungan
Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai
sumber belajar, untuk mengembangkan kebiasaan dalam menggunakan dan
memperlakukan lingkungan secara bijaksana dengan memahami faktor politis,
ekonomis, sosial-budaya, ekologis, mengembangkan sikap dan perilaku peduli dan
mencintai lingkungan dan mengembangkan keterampilan untuk meneliti lingkungan.
·
Pendekatan
Sain-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat
Pembelajaran dipusatkan pada siswa dengan
memperhatikan keragaman siswa dan ertujuan agar siswa memiliki pemahaman sains,
teknologi, lingkungan dan masyarakat yang mendukung pengembangan kognitif,
mempunyai sikap bahwa sains, teknologi, dan lingkungan menarik dan bermanfaat,
menggunakan pemahaman sains dan teknologi untuk diterapkan di lingkungan alam
dan sosialnya.
·
Penerapan Pendekatan Faktual
Pembelajaran dilakukan dengan menyodorkan
hasil penemuan IPA dan pada akhirnya siswa diharpkan memperoleh informasi IPA.
·
Penerapan Pendekatan Konseptual
Pembelajaran memerlukan objek yang konkret,
eksplorasi, mendapatkan fakta, dan melakukan manipulasi atau pemrosesan
pendapat secara mental.
·
Pendekatan Pemecahan Masalah
Pembelajaran bertolak dari suatu permasalahan
di mana guru dapat merumuskan dan mendemonstrasikan penyelesaian suatu masalah
kemudian meminta siswa memecahkan permasalahan yang serupa atau guru membimbing
siswa merumuskan dan memecahkan permasalahan yang diajukan atau guru
mengkombinasikan kedua cara tersebut.
·
Penerapan Pendekatan Nilai
Pembelajaran dipusatkan pada siswa untuk dapat
memahami dan menerapkan nilai – nilai untuk keselarasan, keserasian,
keseimbangan dan kesempurnaan kehidupan, lingkungan, dan alam semesta.
·
Penerapan Pendekatan Inkuiri
Pembelajarannya ditandai dengan adanya
pencarian jawaban melalui serangkaian kegiatan intelektual.
·
Penerapan Keterampilan Proses
Pembelajarannya mengajarkan berbagai
keterampilan proses yang biasa digunakan para ilmuwan dalam mendapatkan atau
memformulasikan hasil IPA.
·
Penerapan Pendekatan Sejarah
Pembelajarannya dengan menyajikan berbagai
penemuan dan perkembangan temuan tersebut dikaitkan dengan IPA. Siswa biasanya
disuruh membaca atau mendengarkan informasi dari guru.
EmoticonEmoticon