Sabtu, 07 Januari 2017

Pendekatan Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Tags

          Tujuan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar adalah agar siswa menguasai pengetahuan, fakta, konsep, prinsip, proses penemuan, serta memiliki sikap ilmiah yang akan bermanfaat bagi siswa dalam mempelajari diri dan alam sekitarnya.

A.     Pengertian dan Prinsip Pemilihan Pendekatan
·          Raka Joni
-          Pendekatan adalah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian, sehingga berdampak ibarat seseorang memakai kacamata dengan warna tertentu pada saat memandang alam sekitarnya.
·         Herawati Susilo
-          Pendekatan bersifat aksiomatis yang menyatakan pendirian, filosofis, dan keyakinan yang berkaitan dengan serangkaian asumsi.
·         Pendekatan merupakan garis besar dari rencana pembelajaran yang berupa yang metode yang bersifat lebih procedural daripada pendekatan yang merupakan rencana menyeluruh secara teratur, tidak saling bertentangan, dan mengacu pada pendekatan dari suatu pembelajaran.
·         Peranan pendekatan pembelajaran adalah menyesuaikan antara tujuan pembelajaran, siswa, latar belakang sosial dan budaya, sumber dan daya dukung, dan lain – lain yang tercakup dalam unsur  input, output, produk, dan outcomes pendidikan dengan bahan kajian yang akan disajikan sehingga pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan, menumbuhkan rasa ingin tahu, memberikan penghargaan, serta bermakna bagi hidup dan kehidupan sekarang dan yang akan datang.
·         Tujuan menggunakan pendekatan adalah untuk menggiring cara pandang / persepsi dan atau proses pengkajian terhadap materi pembelajaran dengan suatu terminology sehingga akan diperoleh suatu pemahaman dan pembentukan perilaku siswa yang diharapkan.
·         Prinsip pemilihan pendekatan adalah pendekatan dipilih dengan pertimbangan terhadap faktor – faktor  yang terkait seperti tujuan pendidikan dan pembelajaran, kurikulum, kemampuan siswa, psikologi belajar, dan sumber daya.
·         Ruang lingkup kurikulum IPA SD mencakup :
-          Kerja ilmiah
-          Pemahaman konsep IPA dan penerapannya
-          Materi nya terdiri atas makhluk hidup dan proses kehidupan, benda/materi, sifat – sifat dan kegunaannya, bumi dan alam semesta, serta sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
B.      Jenis Pendekatan
·         Pendekatan Lingkungan
Adalah mengajarkan IPA dengan cara pandang bahwa mengembangkan kebiasaan siswa menggunakan dan memperlakukan lingkungan secara bijaksana dengan memahami fakor politis,ekonomi, sosial – budaya, ekologis yang mempengaruhi manusia dalam dan memperlakukan lingkungan tersebut.
·         Pendekatan Sain – Lingkungan – Teknologi – Masyarakat
Adalah cara pandang bahwa siswa belajar, menyusun pengetahuan, melalui interaksi pribadi antara pengalaman dengan schemata pengetahuanya.

·         Pendekatan Faktual
Adalah merupakan suatu cara mengajarkan IPA dengan menyampaikan hasil – hasil penemuan IPA kepada siswa di mana pada akhir suatu instruksional siswa akan memperoleh informasi tentang hal – hal penting tentang IPA.
·         Pendekatan Pemecahan Masalah
Adalah suatu pendekatan untuk memecahkan suatu masalah yang memiliki suatu daya positif atau pendorong yang cenderung menuju kea rah perubahan yang positif untuk memperbaiki suatu kondisi atau keadaan.
·         Pendekatan Nilai
Adalah cara mengerjakan IPA dengan menggunakan pandangan suatu nilai, misalkan terkait moral/etika, yang bersifat universal, nilai yang terkait dengan kepercayaan/agama, atau nilai yang terkait dengan politik, sosial, budaya suatu Negara atau daerah.
·         Pendekatan Inkuiri
Adalah dengan ditandai dengan adanya pencarian jawaban melalui serangkaian kegiatan intelektual yang urutannya secara umum adalah merencanakan, mendiskusikan, membuat hipotesis, menganalisis, menafsirkan hasil untuk mendapatkan konsep umum yang dipelajari.
·         Pendekatan Keterampilan Proses
Adalah cara mengajarkan IPA dengan mengajarkan berbagai keterampilan proses yang biasa digunakan para ilmuwan dalam mendapatkan atau memformulasikan hasi IPA.
·         Pendekatan Sejarah
Adalah cara mengajarkan IPA dengan menyajikan berbagai penemuan yang dihasilkan oleh para ilmuwan/ahli IPA dan tentang perkembangan temuan – temuan tersebut dikaitkan dengan ilmu IPA sendiri.
C.      Penerapan Pendekatan dalam Pembelajaran IPA
·         Penerapan pendekatan pada umunya diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sifat ilmiah. Secara eksplisit disebutkan IPA seharusnya dipelajari secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir ( aspek kognitif ), bekerja dan bersikap ilmiah (aspek psimotor dan sikap ) serta keterampilan berkomunikasi.
·         Penerapan Pendekatan Lingkungan
Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, untuk mengembangkan kebiasaan dalam menggunakan dan memperlakukan lingkungan secara bijaksana dengan memahami faktor politis, ekonomis, sosial-budaya, ekologis, mengembangkan sikap dan perilaku peduli dan mencintai lingkungan dan mengembangkan keterampilan untuk meneliti lingkungan.
·         Pendekatan Sain-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat
Pembelajaran dipusatkan pada siswa dengan memperhatikan keragaman siswa dan ertujuan agar siswa memiliki pemahaman sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat yang mendukung pengembangan kognitif, mempunyai sikap bahwa sains, teknologi, dan lingkungan menarik dan bermanfaat, menggunakan pemahaman sains dan teknologi untuk diterapkan di lingkungan alam dan sosialnya.
·         Penerapan Pendekatan Faktual
Pembelajaran dilakukan dengan menyodorkan hasil penemuan IPA dan pada akhirnya siswa diharpkan memperoleh informasi IPA.
 ·         Penerapan Pendekatan Konseptual
Pembelajaran memerlukan objek yang konkret, eksplorasi, mendapatkan fakta, dan melakukan manipulasi atau pemrosesan pendapat secara mental.
·         Pendekatan Pemecahan Masalah
Pembelajaran bertolak dari suatu permasalahan di mana guru dapat merumuskan dan mendemonstrasikan penyelesaian suatu masalah kemudian meminta siswa memecahkan permasalahan yang serupa atau guru membimbing siswa merumuskan dan memecahkan permasalahan yang diajukan atau guru mengkombinasikan kedua cara tersebut.
·         Penerapan Pendekatan Nilai
Pembelajaran dipusatkan pada siswa untuk dapat memahami dan menerapkan nilai – nilai untuk keselarasan, keserasian, keseimbangan dan kesempurnaan kehidupan, lingkungan, dan alam semesta.
·         Penerapan Pendekatan Inkuiri
Pembelajarannya ditandai dengan adanya pencarian jawaban melalui serangkaian kegiatan intelektual.
·         Penerapan Keterampilan Proses
Pembelajarannya mengajarkan berbagai keterampilan proses yang biasa digunakan para ilmuwan dalam mendapatkan atau memformulasikan hasil IPA.
·         Penerapan Pendekatan Sejarah
Pembelajarannya dengan menyajikan berbagai penemuan dan perkembangan temuan tersebut dikaitkan dengan IPA. Siswa biasanya disuruh membaca atau mendengarkan informasi dari guru.



EmoticonEmoticon