Pada Modul 7 ini membahas tentang Evaluasi dan Hasil Belajar IPA yang terdiri dari tiga Kegiatan Belajar, yaitu :
Kegiatan
Belajar 1
Evaluasi Pendidikan Di SD, Pengertian,
Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Evaluasi
Dalam KTSP evaluasi bertujuan
untuk mengetahui kemajuan belajar siswa untuk keperluan perbaikan dan
peningkatan kegiatan belajar siswa dan untuk memperoleh umpan balik bagi
perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
Penilaian berarti
pengukuran keberhasilanseseorang baik dalam proses pembelajaran maupun
keberhasilan. Yang diukur tidak hanya materi yang dikuasainnya tetapi juga
dampak materiitu terhadap jenjang proses berfikir, jenjang pengembangan
kepribadian dan jenjang kemampuan ketrampilan.
Untuk mengukur
diperlukan alat ukur atau tes. Alat ukur
untuk kemampuan kognitif berbeda dengan
kemampuan afektif serta kemampuan psikomotor. Selanjutnya alat ukur untuk kemampuan psikomoter
Evaluasi proses adalah ukuran
pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui apakah
tujuan pembelajaran sudah tercapai, jika
sudah kegiatan selanjutnya bisa dilanjutkan. Sebaliknya jika tujuan belum
dikuasai atau dicapai, pendidik harus berupaya untuk mencapai tujuan tersebut
dengan melaksanakan berbagai alternatif pembelajaran.
Evaluasi proses
sebaiknya dilakukan tertulis agar semua peserta mendapat kesempatan yang sama
mengemukakan jawaban. Namun dengan cara-cara yang diatur secara hati-hati.
Evaluasi proses sesekaali dapat dilakukan dengan cara lisan. Pelaksanaan
evaluasi proses dilakukan secara terus menerus
dan berkesinambungan akan meningkatkan daya serep peserta didik.
Tingkat penguasaan
hasil belajar peserta didik akan lebih akurat (tepat) pengukurannya kalau tes
hasil belajarnya dilakukan lebih sering.
Pendidik, terasuk orang
tua, dalam kegiatannya berkewajiban untuk mengembangkan ketiga ranah tujuan
pendidikan melalui mencari pelajaran yang disampaikan.
Kegiatan Belajar 2
Evaluasi Proses Belajar
IPA di SD
A.
Tujuan evaluasi
proses belajar IPA di SD
1. Memahami
konsep IPA dan keterkaitannya dengan
kehidupan sehari-hari
2. Memiliki
ketrampilan proses untuk mengembangkan
pengetahuan, gagasan tentang alam sekitar.
3. Mempunyai
minat untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian dilingkungan
sekitar
4. Bersikap
inginn tahu, tekun, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, bekerjasama
dan mandiri.
5. Mampu
menerapkan berbagai konsep IPA untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan
memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
6. Mampu
menggunakan teknologi sederhana yang berguna untuk memecahkan suatu masalah
yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
7. Mengenal
dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar,sehingga mempunyai kesadaran dan
keagungan terhadap Tuhan YME
B.
Alat Evaluasi
Proses Belajar IPA di SD
Alat
evaluasi proses pembelajaran IPA ysng diperlukan terdiri dari
1.
alat evaluasi
yang mengukur kognitif
2.
alat evaluasi
untuk menentukan kualitas hati nurani dan
3.
alat evaluasi
untuk mengukur kemampuan ketrampilan. Terdiri dari
a.
Ketrampilan
menggunakan tangan
b.
Ketrampilan
menggunakan indra penglihatan
c.
Ketrampilan
menggunakan indra pengecap
d.
Ketrampilan
menggunakan indra pencium
Kegiatan Belajar 3
Evaluasi
Hasil Belajar IPA di SD
Pengukuran kemampuan
peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran meliputi kemampuan berfikir
( kognitif, C), kemampuan ketrampilan (psikomotor, P), dan kualitas kepribadian
( afektif, A). Untuk mengukur kemampuan tersebut dibutuhkan alat ukur yang
dapat dipercaya, yaitu memiliki
- Validitas
- Keseimbangan sesuai dengan materi yang dipelajari
- Daya pembeda yang minimal cukup
- Objektifitasnya tinggi
- Reabilitas yang tinggi
Dalam pembuatan soal
yang baik harus diperhatikan KISI-KISI tes, karena kisi-kisi telah mencakup
pokok/sub bahasan dan waktu pembelajaran.
1. Tes
evaluasi hasil belajar ranah kognitif lebih menitik beratkan pada pemahaman
siswa pada pokok pembelajaran IPA, dalam hal ini menghafal rumus-rumus atau materi.
2. Tes
evaluasi hasil belajar ranah kognitif adalah evaluasi ketrampilan siswa dalam menggunakan dan merancang alat-alat
IPA.
3. Nilai
hasil pembelajaran ranah afektif adalah menitik beratkan pada sikap peserta didik dalam keseharian di sekolah.
Semoga bermanfaat dan ditunggu kritik sarannya
EmoticonEmoticon