Selasa, 03 Januari 2017

MODUL 7 EVALUASI PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA

Tags


Pada  Modul 7 ini membahas tentang  Evaluasi dan Hasil Belajar IPA yang terdiri dari tiga Kegiatan Belajar, yaitu :

Kegiatan Belajar 1

Evaluasi Pendidikan Di SD, Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Evaluasi

Dalam KTSP evaluasi bertujuan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa untuk keperluan perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa dan untuk memperoleh umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
Penilaian berarti pengukuran keberhasilanseseorang baik dalam proses pembelajaran maupun keberhasilan. Yang diukur tidak hanya materi yang dikuasainnya tetapi juga dampak materiitu terhadap jenjang proses berfikir, jenjang pengembangan kepribadian dan jenjang kemampuan ketrampilan.
Untuk mengukur diperlukan  alat ukur atau tes. Alat ukur untuk  kemampuan kognitif berbeda dengan kemampuan afektif serta kemampuan psikomotor. Selanjutnya alat ukur   untuk kemampuan  psikomoter
Evaluasi proses adalah  ukuran  pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan  pembelajaran sudah tercapai, jika sudah kegiatan selanjutnya bisa dilanjutkan. Sebaliknya jika tujuan belum dikuasai atau dicapai, pendidik harus berupaya untuk mencapai tujuan tersebut dengan melaksanakan berbagai alternatif pembelajaran.
Evaluasi proses sebaiknya dilakukan tertulis agar semua peserta mendapat kesempatan yang sama mengemukakan jawaban. Namun dengan cara-cara yang diatur secara hati-hati. Evaluasi proses sesekaali dapat dilakukan dengan cara lisan. Pelaksanaan evaluasi proses dilakukan secara terus menerus  dan berkesinambungan akan meningkatkan daya serep peserta didik.
Tingkat penguasaan hasil belajar peserta didik akan lebih akurat (tepat) pengukurannya kalau tes hasil belajarnya dilakukan lebih sering.
Pendidik, terasuk orang tua, dalam kegiatannya berkewajiban untuk mengembangkan ketiga ranah tujuan pendidikan melalui mencari pelajaran yang disampaikan.     

Kegiatan Belajar 2

Evaluasi Proses Belajar IPA di SD    
A.           Tujuan evaluasi proses belajar IPA di SD 
1.      Memahami konsep IPA dan keterkaitannya  dengan kehidupan sehari-hari
2.      Memiliki ketrampilan    proses untuk mengembangkan pengetahuan, gagasan tentang alam sekitar.
3.      Mempunyai minat untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian dilingkungan sekitar
4.      Bersikap inginn tahu, tekun, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, bekerjasama dan mandiri.
5.      Mampu menerapkan berbagai konsep IPA untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
6.      Mampu menggunakan teknologi sederhana yang berguna untuk memecahkan suatu masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar,sehingga mempunyai kesadaran dan keagungan terhadap Tuhan YME
B.            Alat Evaluasi Proses Belajar IPA di SD        
Alat evaluasi proses pembelajaran IPA ysng diperlukan terdiri dari
1.      alat evaluasi yang mengukur kognitif
2.      alat evaluasi untuk menentukan kualitas hati nurani dan
3.      alat evaluasi untuk mengukur kemampuan ketrampilan. Terdiri dari
a.       Ketrampilan menggunakan tangan
b.      Ketrampilan menggunakan indra penglihatan
c.       Ketrampilan menggunakan indra pengecap
d.      Ketrampilan menggunakan indra pencium

Kegiatan Belajar 3
Evaluasi Hasil Belajar IPA di SD
Pengukuran kemampuan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran meliputi kemampuan berfikir ( kognitif, C), kemampuan ketrampilan (psikomotor, P), dan kualitas kepribadian ( afektif, A). Untuk mengukur kemampuan tersebut dibutuhkan alat ukur yang dapat dipercaya, yaitu memiliki
  1. Validitas
  2. Keseimbangan sesuai dengan materi yang dipelajari
  3. Daya pembeda yang minimal cukup
  4. Objektifitasnya tinggi
  5. Reabilitas yang tinggi
Dalam pembuatan soal yang baik harus diperhatikan KISI-KISI tes, karena kisi-kisi telah mencakup pokok/sub bahasan dan waktu pembelajaran.
1. Tes evaluasi hasil belajar ranah kognitif lebih menitik beratkan pada pemahaman siswa pada pokok pembelajaran IPA, dalam hal ini menghafal  rumus-rumus atau materi.
2. Tes evaluasi hasil belajar ranah kognitif adalah evaluasi ketrampilan siswa   dalam menggunakan dan merancang alat-alat IPA.         
3. Nilai hasil pembelajaran ranah afektif adalah menitik beratkan pada sikap  peserta didik dalam keseharian di sekolah. 
Semoga bermanfaat dan ditunggu kritik sarannya


EmoticonEmoticon