MODUL 4
TELAAH KURIKULUM DAN BUKU TEKS MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH
I. HAKIKAT KURIKULUM
A. PENGERTIAN KURIKULUM
1.
Kata kurikulum berasal dari bahasa Yunani yang
berarti jarak yang harus ditempuh. Dari dunia atletik istilah ini dipakai dalam
dunia pendidikan dengan arti sejumlah mata pelajaran tertentu yang harus
ditempuh atau sejumlah pengetahuan yang harus dikuasai untuk mencapai suatu
tingkat atau ijazah (Nasution,1986)
2.
UU Pendidikan No 2 tahun 1989 menyebutkan kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran
serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar
mengajar
3.
Wiryokusumo mengungkapkan bahwa kurikulum disusun
sedemikian rupa agar memungkinkan siswa melakukan berbagai ragam kegiatan. Kurikulum
tidak terbatas hanya pada mata pelajaran mata pelajaran saja, tetapi meliputi
segala sesuatu yang dapat mempengaruhi perkembangan siswa, seperti bangunan
sekolah, alat pelajaran, perlengkapan, perpustakaan, karyawan tata usaha,
halaman sekolah dan lain lain
4.
Tentang ragam kurikulum, Goodlad (dalam Kaber,1988)
membedakan lima jenis kurikulum, seperti berikut:
a.
Kurikulum ideal, yang diharapkan oleh ahli dan guru
yang mencerminkan pengetahuan yang diakumulasikan berzaman-zaman
b.
Kurikulum formal, yaitu kurikulum yang direstui dan
disahkan oleh pemerintah
c.
Kurikulum bayangan, kurikulum yang ada dalam pikiran
yang diinginkan oleh orang tua dan guru
d.
Kurikulum operasional, yaitu kurikulum yang
dilaksanakan di dalam kelas
e.
Kurikulum pengalaman, yaitu kurikulum yang dialami
oleh anak didik
5.
Galthorn membedakan kurikulum menjadi tujuh jenis
a.
Kurikulum rekomendasi
b.
Kurikulum tertulis
c.
Kurikulum dukungan
d.
Kurikulum yang diajarkan
e.
Kurikulum yang diuji
f.
Kurikulum yang dipelajari
g.
Kurikulum tersembunyi
B. FUNGSI DAN TUJUAN KURIKULUM
1.
Bagi sekolah fungsi kurikulum dapat dibedakan
menjadi dua, yaitu
a)
bagi sekolah yang bersangkutan
kurikulum
berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan, pedoman bagi guru dalam menyusun
dan mengorganisasikan pengalaman belajar siswa serta sebagai pedoman
mengevaluasi perkembangan siswa, pedoman supervsisi bagi kepala sekolah,
b)
bagi sekolah di tingkat atasnya
kurikulum
berfungsi untuk keseimbangan proses pendidikan dan penyiapan tenaga baru
2.
Fungsi kurikulum bagi anak didik, diharapkan mereka
akan mendapat sejumlah pengetahuan dan kecakapan yang baru yang dapat
dikembangkan dan melengkapi bekal hidup mereka setelah terjun dalam masyarakat.
3.
Fungsi kurikulum bagi masyarakat, yaitu orang tua
murid dan pemakai lulusan, adalah orang tua akan mengetahui program program apa
saja yang akan dilaksanakan oleh sekolah sehingga bisa membantu sekolah dalam
pengadaan sarana dan prasarana demi keberhasilan proses belajar anaknya. Sedangkan
bagi pemakai lulusan, dengan memahami kurikulum, diharapkan bisa membantu
memperlancar pelaksanaan program sekolah dan memberikan saran/kritik untuk
menyempurnakan program sekolah.
4.
Fungsi kurikulum menurut Alexander Inglis yang
dikutip oleh Iskandar Wiryokusuma (1996:8-12)
a)
The adjustive of adaptive function atau fungsi
penyesuaian, yaitu penyesuaian bagi anak didik terhadap lingkungannya.
b)
The integrating function atau fungsi pemaduan, yaitu
terciptanya kepaduan pribadi anak didik
c)
The differentiating function atau fungsi pembedaan,
yaitu fungsi pembeda, maksudnya kurikulum harus mampu melayani perbedaan
perbedaan individu anak didik
d)
The prapaedetic function atau fungsi penyiapan,
yaitu kurikulum harus mampu menyiapkan anak didik untuk melanjutkan ke jenjang
yang lebih tinggi
e)
The selective function atau fungsi pemilihan yang
berhubungan dengan pemilihan program
f)
The diagnostic function atau fungsi diagnostic yang
berhubungan dengan pelayanan terhadap anak didik agar dia memahami akan dirinya
sendiri
5.
Fungsi dan tujuan mata pelajaran Bahasa Indonesia di
SD/MI dalam kurikulum 2004:
a)
Fungsi mata pelajaran Bahasa Indonesia dikaitkan
dengan kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa
Negara serta sastra Indonesia adalah:
i.
Sarana pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa
ii.
Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan
dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya
iii.
Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan
untuk meraih dan mengembangkan iptek dan seni
iv.
Sarana penyebarluasan pemakaian Bahasa Indonesia
yang baik untuk berbagai keperluan
v.
Sarana pengembangan penalaran
vi.
Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia melalui
khazanah kesusasteraan Indonesia
b)
Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia secara umum:
i.
Siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa Negara
ii.
Siswa memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk,
makna dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam
macam tujuan, keperluan dan keadaan
iii.
Siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa
Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional, dan
kematangan sosial
iv.
Siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa
(berbicara dan menulis)
v.
Siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra
untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan serta
meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
vi.
Siswa meghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia
C. KOMPONEN KOMPONEN KURIKULUM
Kurikulum Berbasis Kompetensi merupakan
kerangka inti yang memiliki empat komponen yaitu pengelolaan kurikulum berbasis
kompetensi, kegiatan belajar mengajar, penilaian berbasis kelas dan kurikulum
hasil belajar
II. Aspek aspek Pembelajaran Bahasa
1.
Dalam kurikulum 2004, dinyatakan bahwa ruang lingkup
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SD dan MI terdiri atas empat
aspek sebagai berikut:
a.
Mendengarkan
b.
Berbicara
c.
Membaca
d.
Menulis
2.
Dalam keempat aspek keterampilan diatas, terdapat
aspek kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra
3.
Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan agar siswa
terampil berkomunikasi, sedangkan pengajaran sastra ditujukan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menikmati, menghayati, dan memahami karya
sastra
III. STANDAR
KOMPETENSI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Standar kompetensi untuk kelas rendah
SD/MI diantaranya;
KELAS 1
A.
Mendengarkan
SK : mampu mendengarkan dan memahami
ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi/suara dan bunyi bahasa,
mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah, dan mendengarkan
deskripsi tentang benda benda disekitar serta mendengarkan dongeng
B.
Berbicara
SK: mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui memperkenalkan diri,
menyapa, menjelaskan warna, nama dan fungsi anggota tubuh, dan benda benda di
sekitar, menceritakan pengalaman, melakukan percakapan, dan menyampaikan rasa
suka dan tidak suka serta mendeklamasikan puisi dan memerankan tokoh dongeng
C.
Membaca
SK : mampu membaca dan meamahami teks
pendek dengan cara membaca lancer (bersuara) beberapa kalimat sederhana
D.
Menulis
SK : mampu menulis beberapa kalimat yang
dibuat sendiri dengan huruf lepas dan huruf sambung, menulis kalimat yang
didikte guru, dan menulis rapi menggunakan huruf sambung
KELAS 2
A.
Mendengarkan
SK : mampu mendengarkan dan memahami
ragam wacana lisan melalui mendengarkan pembacaan teks pendek, dan menyimak
pesan pendek serta mendengarkan dongeng
B.
Berbicara
SK: mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan dan perasaan secara lisan melalui kemampuan bertanya/menyapa,
menceritakan kegiatan sehari hari, melakukan percakapan, menceritakan
pengalaman, melaporkan dan mendeskripsikan sesuatu serta mendeklamasikan
pantun, menceritakan kembali cerita dan bermain peran
C.
Membaca
SK : mampu membaca dan meamahami teks
pendek dengan cara membaca lancer (bersuara) beberapa kalimat sederhana dan
membaca puisi
D.
Menulis
SK : mampu menulis beberapa kalimat yang
dibuat sendiri dengan huruf sambung, menulis kalimat yang didikte guru, dan
menulis melengkapi cerita, menulis rapi menggunakan huruf sambung, dan
menuliskan pengalaman tentang kesukaan dan ketidaksukaan
Dalam
praktiknya, keempat keterampilan tersebut dilaksanakan secara terpadu.
1 komentar so far
thanks yazid.. aku ngopy ya.. aku gi nggarap tugas modul 4 ki.. dd adik kelasmu saiki hahaha.. mlh ketemu mbi mantan mas komting ning kene wkwk
EmoticonEmoticon